Mahasiswa FK USK adakan bakti sosial Aksi Kemanusiaan Mahasiswa Kedokteran (AKMK) 2021

Jumat, 19 November 21

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (USK) telah mengadakan Aksi Kemanusiaan Mahasiswa Kedokteran (AKMK) selama tiga hari dari 19-21 November 2021.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat Kecamatan Ingin Jaya oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran USK dan dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya. Kegiatan ini terdiri dari lebih dari 40 acara dan melibatkan lebih dari 450 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran USK yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Psikologi.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengatasi dan mengurangi isu-isu kesehatan yang telah disurvey sebelumnya. Selain itu, kita juga ingin turut membantu dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Ingin Jaya

ujar Nurbahri L Salam, Direktur AKMK 2021.

Salah satu acara utama dalam pelaksanaan AKMK 2021 ini adalah Konsultasi Dokter Spesialistik yang dilaksanakan di Puskesmas Ingin Jaya. Dokter dan tenaga kesehatan ikut serta yaitu dosen Fakultas Kedokteran USK serta tenaga medis RSUD Zainoel Abidin.

Dalam kesempatan ini, pihak Rektorat USK mengatakan jajaran Rektorat USK pun sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Bakti Sosial kesehatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran di Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa juga bisa belajar dan mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat

ujar Dekan Fakultas Kedokteran USK, Prof. Dr. dr. Maimun Syukri Sp.PD-KGH, FINASIM dalam acara Konsultasi Dokter Spesialistik di Puskesmas Ingin Jaya, Sabtu (20/11/2021).

Selain itu, kegiatan ini juga terdiri dari acara-acara seperti pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan di beberapa tempat, seperti MIN 27 Lambaro, SDN Lamteungoh, Meunasah Lambaro, dan Kantor Camat Ingin Jaya. Di Puskesmas Ingin Jaya sendiri terdapat dua kegiatan utama, yaitu Konsultasi Dokter Spesialistik pada tanggal 20 November 2021 dan Sunatan Gratis pada tanggal 21 November 2021.