Home Pages FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA SEGERA MEMBUKA PROGRAM DOKTOR ILMU KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA SEGERA MEMBUKA PROGRAM DOKTOR ILMU KEDOKTERAN


Program Doktor merupakan jenjang pendidikan formal tertinggi di perguruan tinggi Universitas Syiah Kuala dan merupakan salah satu pelopor dalam pelaksanaan Program Doktor di Indonesia. Fakultas Kedokteran telah melakukan persiapan tahap demi tahap dalam menyelenggarakan Program Doktor yang dilaksanakan dengan sistem bebas (by research).

Persiapan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala untuk pengusulan pembukaan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran sudah dilakukan sejak awal tahun 2018, yang kemudian direalisasikan dengan mengunggah syarat-syarat untuk pembukaan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran pada tanggal 5 November 2018 ke Sistem Informasi Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi pada Direktorat Jendral Kelembagaan Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Hasil Evaluasi pengusulan tersebut telah disetujui oleh pihak Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jendral Kelembagaan Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan melakukan visitasi evaluasi lapangan ke Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada tanggal 24 s.d 25 Januari 2019

Program Doktor yang kini dikembangkan di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala adalah pendidikan strata 3 dalam bentuk terstruktur dan termonitor yang memungkinkan peserta didik untuk dapat menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu. Program ini diasuh oleh staf pengajar dengan reputasi akademik dan penelitian dalam skala nasional dan internasional, dan ditunjang oleh fasilitas pendidikan (ruang kuliah, ruang belajar, laboratorium, perpustakaan, sarana multimedia dan internet) yang lengkap dan memadai.

TUJUAN PROGRAM DOKTOR

Program Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Syiah Kuala bertujuan untuk :

1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan & teknologi kesehatan dalam Ilmu     Biomedik, Kedokteran Klinik, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Kedoteran & Kesehatan, Ilmu Keperawatan atau       Ilmu Gizi Kesehatan;

2. Menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam kawasan keahliannya untuk menemukan jawaban dan/atau       memecahkan permasalahan kesehatan yang kompleks di tingkat nasional, regional, maupun internasional;

3. Mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya dalam bidang kedokteran dan kesehatan, baik kepada       masyarakat     di lingkungan profesinya maupun masyarakat luas di tingkat nasional, regional dan internasional;

4.  Menghasilkan karya-karya akademik dalam bentuk publikasi dalam jurnal ilmiah, baik nasional, regional, maupun       internasional dengan reputasi tinggi maupun hasil karya yang dipatenkan.

Rencana pembukaan Program Doktor ini telah memasuki tahap akhir, dengan dilakukannya Visitasi oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  ke Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Program Doktor ini di harapkan akan mampu menyerap kebutuhan Doktor di Bidang kesehatan di Aceh dan Sumatera. Kita ketahui terdapat 3 Fakultas Kedokteran di Aceh yaitu, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, dan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama.