Penyelenggaraan Musyawarah Kerja Wilayah ISMKI 2022 oleh BEM Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

Kamis, 24 Maret 22

Muskerwil merupakan salah satu agenda yang dilakukan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 1 dalam rangka pelantikan Pengurus Harian Wilayah ISMKI Wilayah 1 yang dihadiri oleh mahasiswa kedokteran. Pada tahun ini Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala hadir sebagai tuan rumah dari agenda Muskerwil ISMKI Wilayah 1. Pelaksanaan Muskerwil ISMKI Wilayah 1 kali ini diadakan secara online melalui virtual ZOOM Meeting.

Adapun rangkaian acara Muskerwil ini terdiri atas Opening Ceremony (24 Maret 2022), Musyawarah Kerja Wilayah (25-26 Maret 2022), Talkshow serta Closing dan Farewell Party yang dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2022. Jumlah pendaftar dari Muskerwil tahun ini adalah 190 orang yang terdiri atas 142 orang Pengurus Harian Wilayah,48 orang bukan Pengurus Harian Wilayah serta tiga orang Presidium sidang.

Pada Kamis, 24 Maret 2022 didakan Opening Ceremony dan Welcoming Party bagi para delegasi masing-masing Universitas yang berada di region Sumatera. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala, Bapak Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M. Kep. “Kita sangat bahagia karena acara muskerwill ISMKI wilayah 1 ini bisa bebarengan dengan kegiatan yang besar bagi profesi kedokteran yang sedang berlangsung dibanda aceh dari tanggal 22 sampai 25 maret 2022 yaitu MUKTAMAR IDI, ini merupakan sesuatu yang perlu kita apresiasi, semoga semangat MUKTAMAR IDI bisa ditranformasi untuk semangat Muskerwil ISMKI ikatan senat mahasiswa Kedokteran Indonesia wilayah 1.

Tujuan akhir dari pada pergerakan kalian tentu bagaimana mengukuhkan, menunjukkan eksistensi mahasiswa khususnya mahasiswa kedokteran. Namun pada intinya bahwa tetap kembali kepada nilai nilai luhur yang kita percaya yang kita teladanin bahwa kegiatan ini untuk kemaslahatan kalian sebagai mahasiswa yang bermuara pada output nanti untuk menghasilkan dokter dokter yang profesional, ini harus diingat karena kita di dunia kesehatan ini berhadapan dengan manusia mungkin agak berbeda dengan profesi lain. Oleh sebab itu jadikan lah wadah ini kreatif, inovative menghasilkan berbagai hal yang dapat membentuk karaktek dan akhlak mulia bagi adik adik semua yang terlibat dan dapat ditransfer kepada mahasiswa lain yang belum terbiasa berorganisasi.

Sekali lagi apresiasi setinggi tingginya kepada panitia juga kepada bapak WD 3 tentunya FK USK sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini, dan apresiasi juga kepada ketua BEM FK USK, Sekretaris wilayah ISMKI, sekretaris jendral ISMKI yang telah berhadir dan bersusah payah menyiapkan kegiatan ini.” penyampaian oleh Bapak Wakil Rektor III.

Pada rangkaian Welcoming Party dilakukan pemutaran video City Tour yang bertujuan untuk mengenalkan Kota Banda Aceh kepada para delegasi. Selain itu, juga dilakukan pemutaran video Campus tour agar pera delegasi menjadi lebih tau mengenai Universitas Syiah Kuala.

Pada hari kedua dan ketiga dari kegiatan Muskerwil ISMKI Wilayah 1 ini, diadakan pemaparan Grand Desain dari masing masing bidang. Setelah kegiatan pemaparan Grand Desain dan pelantikan dilaksanakan, agenda dilanjutkan dengan pemilihan pemenang tenderisasi pelaksanaan Muskerwil ISMKI Wilayah 1 2023 yang dimenangkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang.

Pada acara ini juga dilaksanakan webinar yang disampaikan oleh dr. Ichsan, M.Sc., Sp.KKLP dengan tema “How to Increase Public Trust and Optimizing The Use of Telemedicine during COVID-19 Pandemic” serta dr. Cut Rizka Rahmi, M.Ked.Ed dengan tema “The Effectiveness of Telemedicine in Providing Diagnoses and Talk about Myths and Facts about It”.

“Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar sebagai ikhtiar kita bersama untuk mempererat tali silaturrahmi di seluruh mahasiswa FK wilayah 1 serta mengesahkan program kerja yang akan dilaksanakan oleh pengurus ISMKI Wilayah 1 untuk satu tahun ke depan” Ujar Fashiha Qurrotul Aini selaku Project Officer Muskerwil ISMKI Wilayah 1 2022.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Muskerwil ISMKI Wilayah 1 2022 ini bisa meningkatkan silaturrahmi antar pengurus ISMKI dan BEM masing-masing universitas di seluruh Sumatera. “Harapan kami semoga Muskerwil ini bisa menjadi sarana eksistensi FK USK bukan hanya di tingkat lokal, tapi juga tingkat wilayah, nasional bahkan internasional” Ujar M. Rais Shidiq selaku Ketua BEM FK USK tahun ini.