Salam Hangat dari Dekan



Selamat datang di website Fakultas Kedokteran Unsyiah. Dengan membawa visi Mewujudkan Program Studi Pendidikan Dokter yang unggul, kompetitif dan inovatif di tingkat nasional serta berwawasan global pada tahun 2025. Seluruh civitas akademika berusaha semaksimal mungkin untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan potensi dan kualitas Fakultas Kedokteran.

Untuk mencapai tujuan yang besar itu, Kementerian pendidikan merancang “Strategi Jangka Panjang Pengembangan Pendidikan Tinggi (HELTS) 2003-2010”. Dalam HELTS 2003-2010, pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia bertumpu pada tiga pilar utama: 1). kontribusi perguruan tinggi pada peningkatan daya saing bangsa (nation competitiveness), 2). Pemberian otonomi dan desentralisasi wewenang dan tanggung jawab kepada perguruan tinggi (autonomy), 3). penciptaan kesehatan organisasi internal perguruan tinggi (organizational health). Ketiga kebijakan dasar (basic policy) tersebut, secara keseluruhan mengarah pada strategi pengembangan perguruan tinggi yang lebih mandiri, mampu menghasilkan produk-produk (output and outcome) yang secara nyata dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kecerdasan, kemandirian dan daya saing bangsa. Selain HELTS 2003-2010, Kementerian Pendidikan Nasional juga menetapkan Rencana

Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang (RPPNJP) 2005-2025, yang tertuang dalam Permendiknas 32 Tahun 2005 tentang Renstra Depdiknas.

Fakultas kedokteran Unsyiah telah menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam rencana jangka panjang tersebut dalam merumuskan rencana strategis FK Unsyiah. Berlandaskan Tri Dharma Pendidikan Tinggi, FK Unsyiah terus berupaya memajukan pendidikan dengan memprioritaskan dukungan kerjasama, baik dalam maupun luar negeri. Dalam perkembangannya, dengan mempertimbangkan daya dukung internal dan eksternal, persoalan yang dihadapi saat ini, dan tantangan globalisasi, serta Rencana Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang (RPPNJP) 2005-2025, maka FK Unsyiah memancangkan visi FK unsyiah 2025 yaitu menjadi fakultas kedokteran yang unggul dan kompetitif ditingkat nasional serta berwawasan global pada tahun 2025.

Guna mencapai cita-cita besar ini, FK Unsyiah merumuskan langkah-langkah strategis yang tertuang dalam misi, tujuan dan sasaran dibawah payung besar bernama Rencana Strategis (RENSTRA) FK Unsyiah. RENSTRA ini disusun secara sistematis, cermat dan teliti, sehingga dapat diyakini akan mampu mengantarkan FK Unsyiah menuju visi 2025. RENSTRA yang memuat rencana pengembangan FK unsyiah dalam periode 2007 – 2025 ini, dibagi dalam empat periode rencana pengembangan. (1) Periode I, Peningkatan Kapasitas & Modernisasi (2007-2011),

(2) Periode II, Penguatan Pelayanan (2012-2017), (3) Periode III, Daya saing Regional (2018-2021), dan (4) Periode IV, Daya Saing Internasional (2022-2025).